Apakah UKM Bisa Mendapatkan Sertifikasi ISO?

International Standard Organization (ISO) merupakan standar internasional yang telah ditetapkan oleh badan professional yang tidak terikat dengan pemerintahan manapun. Tujuan dari dibentuknya ISO adalah agar setiap badan, penyelenggara usaha, hingga sektor pelayanan publik di seluruh dunia memiliki standar yang sama dalam penyelenggaraannya.

Sampai saat ini, ada puluhan ribu ISO yang telah diterbitkan. Kita mengenal ISO yang sangat terkenal seperti iso 9001 untuk sistem manajemen mutu dan kualitas. ISO ini termasuk penting untuk semua sektor dan kalangan, tak terkecuali UMKM. Bahkan Kementerian Negara Koperasi dan UKM menganjurkan agar UKM turut menerapkan ISO 9001 dalam kegiatan usahanya.

ISO untuk UKM, Bisakah?

Seperti yang sudah dipaparkan di atas, semua lembaga, apakah itu lembaga kecil maupun besar sebenarnya sah-sah saja mendapatkan ISO untuk sertifikasi usahanya. Namun, terkait jenis ISO sendiri akan bergantung pada kebutuhan usaha. ISO yang umum dan pasti diaplikasikan di semua usaha adalah ISO 9001 : 2015. ISO ini terkait dengan sistem manajemen mutu.

Untuk mendapatkan ISO ini ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi lembaga termasuk UKM. Yang utama adalah bahwa UKM tersebut harus sudah memahami apa saja syarat yang ditetapkan oleh ISO 9001. Syarat umum yang sudah harus diterapkan dalam UKM agar bisa memperoleh ISO 9001 adalah:

  • Pembebanan tanggung jawab pekerjaan yang jelas di semua lini
  • Adanya komitmen manajemen puncak
  • Target pekerjaan atau sasaran mutu
  • Analisis terhadap proses yang sudah dijalani perusahaan
  • Pemeliharaan sumber daya
  • Perencanaan hingga realisasi produk maupun jasa

Untuk informasi lebih lanjut Daftar Sekarang atau Email :bintangkonsultan88@gmail.com atau Telepon / WA : 0812-8242-1818

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Buka Chat
Disini Gin, Ada Yang Bisa Dibantu?
Gin Bintang Konsultan
Ada Yang Bisa Kami Bantu?
TELP KAMI