ISO 9001

Sistem manajemen mutu dan merupakan persyaratan sistem manajemen yang paling populer di dunia. ISO 9001 paling akhir adalah ISO 9001:2015. Salah satu ciri penerapan ISO 9001 adalah diterapkannya pendekatan proses. Pendekatan proses ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas sistem manajemen mutu. Pendekatan ini mensyaratkan organisasi untuk melakukan identifikasi, penerapan, pengelolaan dan melakukan peningkatan berkesinambungan. Sertifikasi ISO 9001 membantu Anda menunjukkan kepada pelanggan bahwa Anda memiliki komitmen terhadap kualitas.

ISO 9001 adalah Sertifikasi yang berorientasi pada layanan pelanggan dan standar manajemen mutu yang diadopsi pada tahun 2000 oleh International Organization for Standardization (ISO).

Menurut standar ini, sebuah organisasi harus menunjukkan kemampuan untuk memenuhi atau melampaui kepuasan pelanggan dalam hal fungsi produk, kualitas, dan kinerja.

Demikian pula, organisasi tersebut juga harus selalu menerapkan peraturan, standar industri, dan praktik terbaik mengenai proses produksi dan hasil sehingga Standar ini dapat diterapkan  :

  1. Kepada organisasi manapun yang Besar atau Kecil, Apa pun ukuran, Produk atau Layanan
  2. Dalam setiap sektor aktivitas, apakah itu adalah sebuah Perusahaan Bisnis, Administrasi Publik, atau Departemen Pemerintah.
  3. Dalam setiap industri, contoh Perusahaan Teknik, Produsen, Perusahaan Logistik, Firma Hukum Bank, Rumah Sakit, Hotel, Universitas atau Sekolah Lainya , Restoran dsb