Latar Belakang Training ISO 9001
Training ISO 9001. Sistem Manajemen Mutu berdasarkan ISO 9001 telah mengalami 3 kali revisi, yaitu di tahun 1994, 2000, dan 2008. Saat ini, standard ISO 9001 terbaru versi 2015 telah terbit pada bulan September 2015.Yang merupakan prosedur terdokumentasi yang bertujuan menjamin kesesuaian dari suatu proses dan produk (barang atau jasa) terhadap kebutuhan atau persyaratan tertentu, dimana kebutuhan atau persyaratan tertentu tersebut ditentukan atau dispesifikasikan oleh pelanggan dan organisasi. ISO 9001 merupakan penyempurnaan dari ISO 9001. Organisasi yang telah disertifikasi menggunakan standard ISO 9001 dapat diperbaharui sertifikatnya dengan menggunakan standard ISO 9001. Setiap perusahaan bertujuan untuk mempertahankan eksistensinya di dunia bisnis. Adanya tuntutan konsumen, tuntunan persaingan dan peningkatan kinerja, dibutuhkan suatu system manajemen yang berkualitas, terorganisir dan sistematik.
ISO 9001
ISO 9001 merupakan standar sistem manajemen Mutu bukan manajemen Produk, tetapi produk yang dihasilkan dari suatu system manajemen yang berkualitas akan menghasilkan produk dan kualitas layanan yang dapat memenuhi kepuasan pelanggan .Manfaat bagi perusahaan dapat meningkatkan kinerja operasional secara signifikan melalui peningkatan efisiensi, produktivitas dan perbaikan terus menerus, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan konsumen, dan mempertinggi posisi organisasi dalam persaingan di pasar. Manfaat bagi Konsumen dapat memperoleh produk dan jasa bermutu sesuai dengan harapan konsumen dan Manfaat bagi karyawan yaitu meningkatkan kepuasan karyawan dalam bekerja dan menumbuhkan proses pembelajaran bagi keberhasilan dalam bekerja.Training ISO 9001 ini akan mengarahkan dan memberi pemahaman kepada peserta dalam menyiapkan dan menyusun dokumentasi yang teruji sebagai dasar penerapan dan evaluasi, serta strategi penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 bagi perusahaan yang berkomitmen menghasilkan produk dan layanan bermutu serta kinerja yang tinggi.
Manfaat Dan Tujuan Training ISO 9001
- Mampu menuangkan kebijakan-kebijakan dalam dokumen ISO 9001
- Mampu bekerjasama dan mendukung Wakil Manajemen
- Mampu merencanakan langkah-langkah pengembangan sistem manajemen mutu berdasarkan persyaratan ISO 9001
- Mampu mengidentifikasi sumber daya & kemampuan yang dibutuhkan sistem manajemen mutu ISO 9001
Peserta Yang Perlu Ikut Training ISO 9001
- Kandidat Manajemen representatif (Wakil Manajemen),
- Manajemen,
- Praktisi,
- Layanan,
- Publik,
- Petugas QC / QA,
- HRD /
- Personalia
Materi Training ISO 9001
Prinsip-prinsip Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 & Pemahaman Persyaratan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001
- Penyusunan Kebijakan Mutu dan Sasaran Mutu
- Penyusunan Dokumen Persyaratan Sistem Manajemen Mutu
- Penyusunan Dokumen Persyaratan Tanggung Jawab Manajemen
- Penyusunan Dokumen Persyaratan Manajemen Sumber Daya
- Penyusunan Dokumen Persyaratan Realisasi Produk dan Layanan
- Penyusunan Dokumen Persyaratan Analisis, Pengukuran dan Peningkatan
- Perencanaan Penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001
- Organisasi Komite Penerapan SMM ISO 9001
- Kiat-kiat dalam menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001
- Lembaga Sertifikasi Sistem Mutu dan Proses Sertifikasi ISO 9001