Badan usaha ingin mengurus SBUJPTL tapi tidak bisa karena tenaga kerja belum bersertifikat Serkom/SKTTK? Menurut ketentuan yang berlaku, setiap tenaga kerja yang bergerak di bidang ketenagalistrikan wajib memegang Serkom/SKTTK sebagai bukti kualifikasi dan profesionalisme.
Ketentuan ini selanjutnya menjadi syarat untuk mengajukan permohonan SBU. Singkat cerita, badan usaha tidak bisa mengurus SBU Kelistrikan tanpa adanya tenaga kerja yang sudah mempunyai Serkom.
Kalau disederhanakan alurnya izin usaha dan pemenuhan syarat ketenagalistrikan seperti ini:
- Pertama badan usaha ketenagalistrikan memastikan telah mempunyai personel yang sudah bersertifikat (Serkom SKTTK)
- Baru, setelah itu badan usaha bisa mengajukan permohonan untuk SBUJPTL
- Setelahnya, dari kepemilikan SBU tersebut baru bisa mengurus IUJPTL
Ya, Serkom ini penting jadi pastikan tenaga kerja di tempat Anda sudah mempunyainya sesuai dengan kualifikasi keahlian. Tidak ingin kesulitan mengurus Serkom/SKTTK? Simak penjelasan di bawah, kami akan beritahukan solusi termudahnya dengan bantuan biro jasa.
Jasa Pendampingan dan Pengurusan Serkom SKTTK Indonesia
Bintang Konsultan kembali hadir menjawab kebingungan Anda. Pengurusan Serkom diajukan kepada Kementerian ESDM melalui portal resmi SKTTK DJK. Namun, karena beberapa alasan banyak yang merasa kesulitan atau mungkin sibuk tidak bisa mengurusnya sendiri.
Oleh karena itu, menggunakan bantuan biro jasa pengurusan Serkom bisa menjadi jalan keluarnya. Sebelum Anda menggunakan layanan ini, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu beberapa persyaratan dalam pengajuan Serkom, berikut informasinya:
- Fotokopi KTP
- Fotokopi ijazah minimal D3 dengan jenjang kualifikasi yang tepat
- Daftar riwayat hidup atau CV
- Fotokopi NPWP
- Pas Foto berwarna sebanyak 3 lembar ukuran 3 x 4
Catatan: Persyaratan lainnya mungkin diperlukan, info lengkap akan disampaikan oleh konsultan
Kami akan membantu Anda untuk mengecek kelengkapan berkas, pengisian formulir data-data, serta mengajukan permohonan langsung ke Kementerian ESDM.
Prosedur dan Lama Proses Pengurusan SKTTK/Serkom Listrik
Adapun untuk prosedur atau alur jasa pengurusan Serkom sendiri perlu dilakukan uji kompetensi terlebih dahulu untuk memastikan kecakapan dan pengetahuan dari ahli ketenagalistrikan.
Saat ini uji kompetensi untuk Serkom sudah dapat dilakukan secara online, sehingga tidak perlu pergi jauh-jauh ke luar kota. Proses pengujian lebih kurang membutuhkan waktu 1 hari.
Setelah itu, hasil pengujian akan dinilai oleh asesor untuk mengetahui apakah yang bersangkutan dinyatakan kompeten atau tidak sesuai dengan kualifikasi bidangnya.
Proses ini membutuhkan waktu paling tidak 14 hari. Jadi, kalau diperkirakan lama waktu pengurusan Serkom /SKTTK di Indonesia lebih kurang 15 hari kerja bisa lebih lama atau cepat.
Namun, tidak perlu khawatir jasa pengurusan Serkom Bintang Konsultan akan membantu Anda untuk menyampaikan progress sertifikasinya. Anda akan didampingi oleh konsultan, ada kesempatan yang lebih besar untuk bisa lulus dan memperoleh Sertifikat Kompetensi Ketenagalistrikan.
Ruang Lingkup Serkom DJK ESDM SKTTK (Terbaru)
Selanjutnya, adalah memahami kategori ruang lingkup mana yang sesuai dengan keahlian Anda. Secara umum terdapat empat penggolongan yaitu:
- Serkom untuk Pembangkit Tenaga Listrik
- Serkom untuk Transmisi Tenaga Listrik
- Serkom untuk Distribusi Tenaga Listrik
- Serkom untuk Pemanfaatan Tenaga Listrik
Ruang lingkup ini dibagi lagi menjadi sub kategori lainnya yang terdiri dari:
- Konsultasi Perencanaan
- Konsultasi Pengawasan
- Pembangunan dan Pemasangan
- Pemeriksaan dan Pengujian
- Pengoperasian
- Pemeliharaan
Silahkan, sesuaikan terlebih dahulu dan pastikan ruang lingkup Serkom Anda sudah benar. Jika kesulitan menentukan jenis kategorinya, silahkan hubungi konsultan agar bisa kami bantu menentukan ruang lingkup tersebut.
Area Layanan untuk Permohonan Serkom/SKTTK
Bintang Konsultan melayani pengurusan Sertifikat Kompetensi ketenagalistrikan untuk berbagai daerah di Indonesia. Berikut ini beberapa detail lebih lengkapnya:
Sulawesi:
- Makassar
- Kotamobagu
- Palopo
- Baubau
- Manado
- Parepare
- Kendari
- Gorontalo
Pulau Jawa dan sekitarnya
- Jakarta
- Bogor
- Depok
- Tangerang
- Bekasi
- Bandung
- Surabaya
- Semarang
- Surakarta
- Yogyakarta
Sumatera dan sekitarnya:
- Medan
- Palembang
- Padang
- Bandar Lampung
- Metro
- Banda Aceh
- Pangkal pinang
- Bengkulu
- Jambi
Kepulauan Riau:
- Batam
- Dumai
- Palu
- Tanjung Pinang
Kalimantan:
- Palangkaraya
- Balikpapan
- Pontianak
- Singkawang
- Tarakan
- Banjarmasin
- Bontang
- Banjarbaru
- Samarinda
Papua dan Maluku:
- Sorong
- Jayapura
- Ambon
Bali:
- Denpasar
NTB:
- Bima
- Kupang
- Mataram
Kenapa Menggunakan Bantuan Konsultan Pengurusan Serkom?
Pastinya ada nilai lebih yang bisa Anda peroleh dengan menggunakan layanan urus Serkom profesional. Berikut ini beberapa di antaranya:
Rahasia Terjamin
Tanpa perlu mengkhawatirkan soal data dan privasi, kami siap menjamin kerahasiaan data Anda dan perusahaan selama pengurusan Serkom dilakukan. Ingat, banyak jasa Serkom di luar sana tapi sedikit yang mampu memastikan hal penting ini.
Biaya Pengurusan yang Terjangkau
Menggunakan tenaga profesional tidak semata-mata membuat Anda harus keluar budget yang besar. Bintang Konsultan selalu usahakan layanan kami tetap murah dan terjangkau untuk berbagai kalangan. Lagipula tujuan kami adalah mempermudah para tenaga ahli agar bisa melengkapi kewajiban mereka yaitu memiliki Serkom/SKTTK secara valid.
Proses Cepat dan Terencana
Kami siap menjamin pengurusan Serkom/SKTTK ESDM yang lebih cepat. Kenapa bisa begitu? Kami akan pastikan terlebih dahulu seluruh data persyaratan lengkap, informasi di formulir sesuai sebelum mengajukan permohonan. Progres pengurusan dari kami nanti akan disampaikan secara rutin.
Aman dan Terpercaya
Mencari biro jasa pembuatan Serkom yang aman? Bintang Konsultan jawabannya. Kami adalah perusahaan resmi dan berbadan hukum, memiliki kantor yang berlokasi di Jakarta Timur bisa langsung didatangi jika ingin kunjungan langsung ke tempat.
Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap seputar layanan jasa pengurusan Serkom, silahkan hubungi kami. Dapatkan kemudahan dan solusi untuk memperoleh Sertifikat Kompetensi listrik mulai hari ini.