Bintang Konsultan

Selamat datang di website Bintang Konsultan. Kami siap Membantu anda dalam pembuatan dan pengurusan SIUJK

sbu konsultansi listrik

Penyedia Jasa SBU Konsultansi Instalasi Listrik dan Syaratnya

Apakah perusahaan Anda sudah memiliki SBU Konsultan Instalasi Listrik? Untuk membuktikan sebagai badan usaha yang kredibel dan profesional maka kepemilikan SBU adalah  hal yang tidak boleh terlewatkan.

Bintang Konsultan menyediakan solusi untuk pengurusan SBU konsultan listrik, dengan pengalaman bertahun-tahun di bidangnya kami bisa mempermudah pengurusan SBU

Permohonan SBU konsultansi mungkin bisa dilakukan sendiri, namun apakah Anda mempunyai cukup waktu untuk melakukannya? Waktu yang berharga jangan sampai terbuang percuma karena mengurus Sertifikat Badan Usaha.

Percayakan pada kami prosesnya akan lebih mudah dan cepat. Namun, sebelum membahas lebih lanjut mengenai kemudahan yang kami berikan izinkan kami untuk menjelaskan beberapa hal penting mengenai permohonan SBU Konsultan Instalasi Ketenagalistrikan.

Bidang Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik

SBUJPTL untuk konsultan tentunya berbeda dengan jasa instalasi atau pengujian di bidang ketenagalistrikan. Menurut ketentuan yang ada, berikut ini bidang usaha yang termasuk ke dalam konsultansi instalasi kelistrikan di Indonesia.

Bidang Sub Bidang
Pembangkitan Tenaga ListrikPLTU, PLTG, PLTGU, PLTP, PLTA Skala Kecil & Menengah, PLTD, PLTMGU, PLTN, PLTS, PLTB, PLTBiomassa, PLTBiogas, PLTSa, BESS, atau PLTEB lainnya & Energi Terbarukan lainnya
Jaringan Transmisi Tenaga ListrikJaringan Transmisi Tenaga Listrik Tegangan Tinggi, Tegangan Ekstra Tinggi, dan/atau Tegangan Ultra Tinggi, atau Subbidang Gardu Induk
Distribusi Tenaga ListrikJaringan Distribusi Tenaga Listrik Tegangan Menengah atau Subbidang Jaringan Distribusi Tenaga Listrik Tegangan Rendah
Instalasi Pemanfaatan Tenaga ListrikInstalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik Tegangan Tinggi, Subbidang Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik Tegangan Menengah, atau Subbidang Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik Tegangan Rendah

Selain mengetahui bidang usaha, penting juga untuk memahami kembali bagaimana peran Anda dan tim dalam pelaksanaan suatu proyek.

Konsultan instalasi ketenagalistrikan adalah jasa profesional yang bertujuan untuk mengarahkan, memberikan rekomendasi, dan analisis mengenai hal-hal utama yang perlu disiapkan sebelum mengerjakan suatu pekerjaan instalasi listrik di suatu tempat.

Meskipun secara teknis tidak terjun langsung dalam pekerjaan pembangunan atau pemasangan sistem pembangkit listrik. Namun anjuran konsultan menjadi bahan pertimbangan yang nantinya bisa dipertanggung jawabkan.

Konsultan bertugas untuk memastikan rencana dan rancangan badan usaha sudah sesuai dengan ketentuan spesifik mengenai pembangunan dan instalasi sistem ketenagalistrikan.

Bagaimana Cara Memproses SBU Konsultansi Instalasi Listrik?

Sejak dulu pengurusan SBUJPTL memang prosesnya cukup panjang, hal ini dikarenakan SBU kelistrikan ini mempunyai peran yang sangat krusial dalam pengerjaan proyek. Kualifikasi dan kompetensi tenaga listrik hingga kredibilitas perusahaan dibuktikan di sini.

Berikut ini alur proses permohonan SBU konsultansi instalasi listrik melalui jasa pihak ketiga:

1. Melengkapi Persyaratan

pastikan badan usaha sudah memiliki tenaga ahli yang kompeten di bidangnya sesuai kualifikasi konsultansi pembuktian melalui Serkom kelistrikan. Selain itu, lengkapi persyaratan mendasar seperti:

Peryaratan administratif:

  • Akta pendirian usaha (CV atau PT)
  • NPWP badan
  • SK Kemenkumham
  • Neraca keuangan
  • Izin lokasi/PKKPR
  • Fotokopi identitas pemohon
  • Struktur organisasi usaha

Syarat teknis:

  • Penanggung jawab teknik (PJT) sesuai dengan subbidang
  • Daftar riwayat hidup PJT
  • Fotokopi PJT
  • Surat penunjukan dari penanggung jawab badan usaha sebagai PJT

Syarat lainnya seperti manajemen mutu, manajemen lingkungan, dan sebagainya. Detail lebih lengkap akan disampaikan oleh konsultan.

2. Penyesuaian Kualifikasi dan LSBU

Langkah berikutnya adalah penyesuaian terhadap bidang dan subbidang sesuai pekerjaaan. Tidak lupa pula penyesuaian terhadap kualifikasi perusahaan. Dalam pengurusan SBUJPTL ada pilihan kualifikasi yang disesuaikan dengan nilai kekayaan bersih dan batas nilai suatu pekerjaan.

Badan usaha bisa menentukan LSBU (Lembaga Sertifikasi Badan Usaha) yang sudah terakreditasi oleh Kementerian ESDM dalam verifikasi kualifikasi dan klasifikasi perusahaan.

Pemrosesan oleh Konsultan Profesional

Karena menggunakan layanan pihak ketiga, semestinya pengurusan SBUJPTL konsultansi instalasi kelistrikan menjadi lebih mudah dan aman. Jika Anda menggunakan layanan dari Bintang Konsultan, nantinya tim kami yang akan membantu untuk pengisian data, proses permohonan ke pusat.

Kami akan menginformasikan secara berkala mengenai progres dari permohonan tersebut. Jika sudah disetujui dan SBU terbit, tim akan langsung menginformasikan kepada Anda.

Baca juga: SBU Jasa Konsultasi Konstruksi dan Solusi Pembuatannya

Informasi Pengurusan SBU Konsultan Instalasi Listrik

Apabila Anda membutuhkan jasa profesional untuk mengurus permohonan SBU jenis ini, silahkan hubungi Bintang Konsultan melalui informasi kontak yang ada. Kami bersedia membantu dan memberikan solusi serta mempermudah prosesnya. Adapun untuk informasi biaya dan persyaratan lebih lengkap nanti bisa berkonsultasi langsung dengan konsultan kami. Sekian dan terima kasih, sukses selalu untuk usaha yang Anda jalankan saat ini.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Buka Chat
Disini Gin, Ada Yang Bisa Dibantu?
Gin Bintang Konsultan
Ada Yang Bisa Kami Bantu?
TELP KAMI